Makalah Validitas Dan Reabilitas

Makalah Validitas Dan Reabilitas

Makalah validitas dan reliabilitas penelitian kuantitatif. Wira Kusuma BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Instrumen memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan mutu suatu penelitian karena validitas atau kesahihan data yang diperoleh akan sangat ditentukan.

Fokus penulisan buku ini pada validitas dan reliabilitas penelitian kuantitatif dan kualitatif merupakan hasil pengamatan yang cukup lama dalam satu dekade terakhir tidak hanya pengamatan terhadap skripsi tesis dan disertasi mahasiswa tetapi juga pengamatan terhadap buku-buku penelitian kuantitatif dan kualitatif di Indonesia. Validitas Reliabilitas Instrumen Penelitian.

PENDAHULUAN Dalam penelitian pendidikan khususnya penelitian kuantitatif dikenal dengan nama variabel misalnya variabel laten variabel manifes dan sebagainya. Variabel inilah yang pada umumnya ingin diketahui karakteristik yang dimilikinya misalnya rata-rata median.

MAKALAH VALIDITAS DAN REALIBILITAS Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Metodologi Penelitian Team Teaching Prof. Dalam penelitian kuantitatif untuk mendapatkan data yang valid dan reliabel yang diuji validitas dan reliabilitasnya adalah instrumen penelitian sedangkan dalam penelitian kualitatif yang diuji adalah datanya.

Oleh karena itu kuantitatif lebih menekankan pada aspek reliabilitas sedangkan penelitian kualitatif lebih pada aspek validitas. Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian validitas adalah ketepatan alat ukur instrumen dalam mengukur apa yang hendak diukur.

Validitas dapat diukur dengan. Analisi faktor validitas instrumen ditentukan dengan mengorelasikan antara skor yang diperoleh setiap butir pertanyaan dengan skor totalnya.

ABSTRAK Penggunaan reliabilitas dan validitas dalam paradigma penelitian kuantitatif dan kaulitatif sangat dianjurkan. Namun penggunaan istilah relibilitas dan validitas yang berakar dalam.

Data yang diperoleh mempertimbangkan validitas realibilitas dan obyektivitas. Sudah barang tentu dari berbagai jenis penelitian kreteria tidak sama seperti yang dikatakan Sugiyono 2007.

365 bahwa pada penelitian kuantitatif untuk memperoleh data yang valid reliable dan obyektif perlu uji instrumen yang valid reliable dan obyektif pada sampel yang mendekati jumlah populasi dan. Dalam penelitian kuantitatif depenability disebut sebagai reliabilitas.

Dalam penelitian kualitatif disebut depenability. Penelitan yang reliabel adalah apabila orang lain dapat mengulang atau mereplikasi penelitian tersebut.

Pengujian depenability dilakukan dengan cara melakukan audit secara keseluruhan terhadap penelitian tersebut. Dalam penelitian baik berbentuk kualitatif maupun kuantitatif kriteria utama yang harus diperhatikan adalah valid reliabel dan objektif.

Validitas adalah derajat ketepatan antara data yang terdapat di lapangan dan data yang dilaporkan oleh peneliti. Kalau dalam objek penelitian terdapat warna merah peneliti akan melaporkan warna merah.

Contoh instrumen penelitian C. Tujuan Penulisan Makalah 1.

Menjelaskan pengertian instrumen penelitian 2. Menjelaskan jenis-jenis instrumen penelitian 3.

Menjelaskan validitas dan reliabilitas instrumen penelitian 4. Penggunaan instrumen pada jenis penelitian dan langkah-langkah penyusunan instrumen 5.

Dalam penelitian kuantitatif penelitian dianggap selesai jika kesimpulan telah diambil dan hipotesis telah diketahui statusnya diterima atau ditolak. Tetapi peneliti kualitatif harus siap dengan hasil penelitian yang bersifat plural beragam sering tidak terduga sebelumnya dan sulit ditentukan kapan selesainya.

X 1 Variabel X 1. X 2 Variabel X 2.

X 3 Variabel X 3. X 4 Variabel X 4.

Instrumen Penelitian Ada dua hal utama yang mempengaruhi kualitas data hasil penelitian yaitu kualitas instrumen penelitian dan kualitas pengumpulan dataDalam penelitian kuantitatif kualitas instrument penelitian berkaitan dengan validitas dan reliabilitas instrument sedangkan. Menjelaskan makan validitas hakekatnya mengacu pada seberapa akurat suatu metode penelitian terkait proses mengukur apa yang ingin diukur.

Jika penelitian memiliki validitas tinggi artinya menghasilkan hasil yang sesuai dengan sifat karakteristik dan variasi nyata dalam dunia fisik atau sosial. UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENELITIAN KUANTITATIF Febrianawati Yusup Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin febrianawatiyusupuin-antasariacid ABSTRACT The research instrument is a tool used to collect data or measure objects of a research variable.

Buku ini terdiri dari 5 lima bab yaitu pendahuluan penelitian kuantitatif penelitian kualitatif penelitian kombinasi dan proposal penelitian. Penelitian kuantitatif membahas tentang pengertian studi pustaka kerangka berpikir hipotesis metode-metode proses penelitian populasi dan sampel teknik sampling instrumen dan skala pengukuran dan analisis data.

Adalah validitas yang menunjukan apakah alat pengukurinstrumen penelitian dari segi rupanya nampak mengukur apa yang ingin diukur validitas ini lebih mengacu pada bentuk dan penampilan instrumen. Menurut Djamaludin Ancok validitas rupa amat penting dalam pengukuran kemampuan individu seperti pengukuran kejujuran kecerdasan bakat dan.

Desain penelitian ini berawal dari masalah yang bersifat kuantitatif dan membatasi permasalahan yang ada pada rumusan masalah. Rumusan masalah dinyatakan dalam kalimat pertanyaan selanjutnya peneliti menggunakan teori untuk menjawabnya.

23 menyatakan bahwa Desain penelitian harus spesifik jelas dan rinci. Article 2014 Article.

Uji Validitas dan Reliabilitas. Uji Validitas dan Reliabilitas.

Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukam fungsi ukurannya Azwar 1986. Selain itu validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan bahwa variabel yang diukur memang benar-benar variabel yang hendak.

Uji Validitas Data Penelitian. Misalnya saja untuk hal ini adalah melakukan penelitian tugas akhir berupa skripsi atau thesis.

Dengan Topik Penelitian Perkembangan dan Pemanfaatan Dana Desa di Kampung Indonesia dengan Studi Kasus Kampung Sukamaju. Maka untuk pengujian atas validitas data dalam jenis penelitian studi kasus ini bisa di tuliskan sebagai berikut.

id.scribd.com