Makalah Ziarah Kubur

Makalah Ziarah Kubur

Makalah tentang ziarah kubur menurut hadits. Ziarah Kubur Menurut Adat. Ziarah kubur merupakan satu dari sekian tradisi yang ada di lombok dan berkembang di masyarakat lainnaya.

Berbagai maksud dan tujuan maupun motivasi selalu menyertai aktivitas ziarah kubur. Ziarah kubur yang dilakukan oleh masyarakat lombok ke kuburan dianggap keramat sebenarnya ini terpengaruh agama Hindu.

View makalah ziarah kuburdocx from aa 1makalah agama tentang ziarah kubur disusun oleh. Nesya aulianti putri 4.

Ziarah kubur itu di anjurkan tetapi juga harus memperhatikan hal-hal yang harus diperhatikan dalam berziarah seperti yang telah dijelaskan diatas. Kalau ada sekelompok yang mengatakan bahwa ziarah kubur itu bidah berarti kelompok tersebut secara tidak langsung mengangap perbuatan Rasulullah juga bidah diwaktu itu.

HADITS TENTANG ZIARAH KUBUR Kajian dengan menggunakan Pendekatan Tahlili A. Zairah kubur kata-kata zairah kubur menurut arti bahasanya adalah menengok.

Zairah kubur artinya menengok kubur. Menurut syariat agama Islam zairah kubur itu bukan hanya sekedar menengok makam para wali makam para syuhada atau makam para pahlawan.

MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ADAB ZIARAH KUBUR DALAM ISLAM Disusun Oleh. Hadi Prasetya 16102003 KELAS B PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER STMIK STIKOM INDONESIA 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang karena anugerah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Adab Ziarah Kubur Dalam Islam ini.

Menurut mayoritas Ahlusunah dinyatakan bahwa ziarah kubur adalah sunnah. Disamping itu semua masih ada lagi hadits Nabi saw.

Yang memerintahkan ziarah kubur tersebut tapi kami hanya ingin menambahkan dua hadits lagi dengan demikian lebih jelas buat pembaca bahwa ziarah kubur dan pemberi- an salam terhadap ahli. Bilamana ziarah kubur kosong dari maksud dan tujuan tersebut maka itu bukanlah ziarah kubur yang diridhoi oleh Allah.

Al-Imam Ash-Shanani rahimahullah mengatakan. Semuanya menunjukkan tentang disyariatkannya ziarah kubur dan penjelasan tentang hikmah yang terkandung padanya yaitu agar dapat mengambil ibrah pelajaran.

Berdasarkan dalil-dalil dalam hadits di atas tidak dapat disangsikan lagi bahwa ziarah kubur adalah hal yang diperbolehkan bahkan tergolong sebagai hal yang dianjurkan sunnah. Anjuran melaksanakan ziarah kubur ini bersifat umum baik menziarahi kuburan orang-orang shalih ataupun menziarahi kuburan orang Islam secara umum.

Hadis tentang azab kubur secara tematik mauḏuʼī. Tentang azab kubur adalah hadis yang shahih secara umum.

Oleh karena itu tidak boleh ditentang. Ada beberapa hadis mengenai azab kubur yang merupakan tergolong hadis ahad akan tetapi hadis tersebut termasuk dalam periwayatan hadis yang mutawatir dari sudut makna.

Ziarah kubur itu sangat dahsyat pengaruhnya untuk mencegah hitamnya hati dan mengubur sebab-sebab datangnya dosa. Tidak ada amalan yang sedahsyat ini pengaruhnya Faidhul Qaadir 884 Disyariatkannya ziarah kubur ini dapat mendatangkan manfaat bagi yang berziarah maupun bagi shahibul qubur yang diziarahi Ahkam Al Janaiz Lil Albani 188.

Hadits-hadits tentang perintah beribadah hanya kepada Allah Taala semata dan larangan berbuat syirik serta sarana-sarana menuju kesyirikan sangat banyak dan telah kita ketahui. Adapun perempuan maka tidak ada anjuran ziarah kubur bagi mereka.

Karena Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda لعن زائرات القبور. Kita telah diperintah untuk ziarah kubur Rasulallah saw.

Dan para sahabat juga menjalankan ziarah kubur. Jadi tidak ada dasar sama sekali untuk melarang ziarah kubur karena kita semua tahu bahwa Rasulallah pernah ziarah ke makam Baqi dan mengucapkan kata-kata yang ditujukan kepada para ahli kubur di makam Baqi tersebutbr Dalil-dalil tentang ziarah kubur.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa hadis-hadis tentang ziarah sebagian besar adalah hadis daif. Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki al-Hasani membantah tuduhan itu dengan mengatakan banwa para hafidz hadis dan para Imam hadis yang terpercaya begitu pula Imam empat Imam Syafii abu Hanifah Malik dan Hambal menyebut di dalam kitab.

Sedangkan hadits-hadits tentang keutamaan ziarah pada hari Jumat adalah dhaif sebagaimana dinyatakan para Imam Muhaditsin. Oleh karena itu ziarah kubur dapat dilakukan kapan saja.

Sedangkan shalat persis di atas kuburan seseorang dan menghadap kuburan tanpa tembok penghalang maka ulama sepakat tentang ketidakbolehannya. Contohnya seperti sabda Rasulullah sallallahu alaihi wasallam Saya melarang kamu sekalian tentang ziarah ke kuburan.

Maka ziarahilah ke kuburan karena itu mengingatkan kamu ke akhirat Riwayat Malik Muslim Abu Dawud Al-Tirmizi dan al-Nasai. Hampir semua kitab Dirayah Hadits membahas tentang nasikh-mansukh.

Dan juga sabda Nabi yang artinya. Berziarahlah kubur kamu dan ambillah tauladan tentang adanya hari kebangkitan.

Khususnya kuburan para Nabi para wali dan orang-orang shalih. Sedangkan bagi kamu wanita ziarah kubur hukumnya makruh karena mereka mudah meratap dan sedikit yang sabar.

Imam Hakim an Naisaburi meriwayatkan bahwa Imam Muslim mendatangi Imam Bukhori dan menanyakan tentang hadits ini ia berkata. Aku tidak menemukan dalam bab ini kecuali hadits ini akan tetapi kondisinya Malul ada Illah di dalamnya yang dikabarkan oleh Musa bin Ismail dari Wahib dari Sahal dari Aun bin Abdullah bahwa perkataan dalam hadits diatas adalah perkataan Aun bin Abdullah bukan perkataan Nabi Muhammad SAW inilah yang lebih utama karena Musa bin Uqbah tidak disebutkan pernah.

Lain itu ziarah kubur juga bagian dari tabarruk atau mencari berkah pada ulama-ulama yang telah meninggal. Dua hal itulah yang sebenarnya menjadi manfaat luar biasa dari ziarah kubur.

Dan demikian lah ulasan tentang pengertian ziarah kubur hukum adab dan manfaatnya. Semua hadits di atas menunjukkan akan disyariatkannya ziarah kubur dan menjelaskan hikmah dari ziarah kubur yakni untuk mengambil pelajaran seperti di dalam hadits Ibnu Masud yang artinya.

Karena di dalam ziarah terdapat pelajaran dan peringatan terhadap akhirat dan membuat zuhud terhadap dunia. Bahkan terkhusus untuk kaum wanita menurut mereka ziarah kubur itu haram dan wanita yang melakukannya akan mendapatkan laknat dari Allah dan Rasul-Nya.

Berikut akan kami sampaikan sebagian dari hadits-hadits Nabi Saw yang menjadi landasan pelaksanaan ziarah kubur.

id.scribd.com