Makalah Tentang Asuransi Syariah Dengan Asuransi Konvesional

Makalah Tentang Asuransi Syariah Dengan Asuransi Konvesional

Makalah produk asuransi konvensional. Asuransi syariah memiliki Dewan Pengawas Syariah DPS yang betugas mengawasi produk yang dipasarkan dan pengelolaan investasi dananya. Dewan Pengawas Syariah ini tidak ditemukan dalam asuransi konvensional.

Akad yang dilaksanakan pada asuransi syariah berdasarkan tolong menolong. Makalah Asuransi - Jika dalam postingan ini.

Dalam asuransi konvensional. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah seorang ulama salaf ternama dalam kitabnya Majmu Fatwa menyatakan bahwa akad dalam Islam dibangun atas dasar mewujudkan keadilan dan menjauhkan penganiayaan.

Home Makalah Makalah Asuransi Syariah vs Konvensional. Makalah Asuransi Syariah vs Konvensional.

Pada asuransi konvensional. Dalam asuransi syariah merupakan suatu keharusan.

Dewan ini berperan mengawasi manajemen produk serta kebajikan investasi serta kebajikan investasi supaya senantiasa sejalan dengan syariat islam. Misal risiko yang ditanggung dalam asuransi mobil dan asuransi properti.

Produk asuransi terbagi menjadi dua kategori yaitu konvensional dan syariah. Dalam menulis makalah asuransi konvensional dan syariah maka harus ketahui dulu perbedaanya.

Asuransi konvensional adalah produk asuransi mengikuti prinsip jual-beli. Makalah Asuransi - Makalah.

Allianz life Indonesia berdiri pada 16 agustus 1996 untuk memberikan solusi asuransi jiwa dan kesehatan konvensional dan syariah bagi nasabah individu juga. Memberikan informasi mengenai produk asuransi kepada nasabah b.

Meski demikian masih ada pihak-pihak yang meragukan kebolehan asuransi baik asuransi berbasis konvensional maupun syariah. Maka dalam makalah sederhana ini penulis akan mencoba mengulas hukum asuransi konvensional serta asuransi syariah.

Asuransi konvensional merupakan asuransi berdasarkan akad jual beli dan mengembangkan misi perusahaan yaitu ekonomi dan sosial. Setiap perusahaan asuransi mempunyai kebijakan masing-masing.

Bisa dibilang asuransi digunakan untuk berjaga-jaga terhadap berbagai hal tak diinginkan yang mungkin saja terjadi di masa depan. BAB II PEMBAHASAN 21 Pengertian Asuransi Asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian resiko yang dilakukan dengan cara mengalihkantransfer resiko dari satu pihak ke pihak lain dalam hal ini adalah perusahaan asuransi.

Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Dagang KUHD pasal 246 disebutkan bahwa asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan. Ringkasan definisi atau pengertian asuransi konvensional yang dilengkapi dengan manfaat maupun prinsipnya Dalam kehidupan ini kita tidak akan pernah tahu secara pasti apa saja yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

Karena masa yang akan datang selalu dipenuhi dengan hal-hal ketidakpastian misalnya resiko-resiko yang merugikan dapat terjadi kepada siapa saja seperti datangnya resiko. Pada prinsipnya cara mendesain produk-produk asuransi syariah tidak terlampaui jauh berbeda dengan cara mendesain produk-produk konvensional.

Walaupun demikian perbedaan yang ada diantara keduanya dapat menentukan halal-haramnya suatu produkBasic perhitungan yang digunakan dalam merancang produk-produk asuransi jiwa disyariah misalnya masih mengacu kepada tabel kematian mortality tables. Macam-Macam Asuransi Konvensional Asuransi yang terdapat pada negara-negara di dunia ini adalah banyak sekali macamnya.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan diuraikan berbagai macam asuransi. Dari segi sifatnya asuransi dibagi menjadi dua yaitu.

Asuransi sosial atau asuransi wajib dimana keanggotaannya adalah paksaan bagi Warga Negara. Asuransi konvensional adalah produk keuangan yang memungkinkan nasabahnya mengalihkan risiko ke perusahaan asuransi.

Syaratnya nasabah tersebut perlu menyetorkan sejumlah premi ke perusahaan asuransi. Namun produk asuransi konvensional sering dianggap riba terutama jika dilihat dari perspektif syariat Islam.

Ada empat macam produk asuransi yang akan kita bahas yakni asuransi kesehatan asuransi jiwa asuransi pendidikan dan asuransi umum. Kalian sudah ada yang ikut asuransi kesehatan belum.

Biasanya seorang anak itu ikut asuransi kesehatan yang dimilki ayahibunya. Produk asuransi syariah perlu disosialisasikan lagi sehingga masyarakat mengenal dan mengetahui segala hal yang berkaitan dengan asuransi syariah.

Masyarakat perlu diberikan penyuluhan tentang hukum dan tata cara bermuamalah yang sesuai syariah mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang hal ini. Sehingga dalam perkembangannya asuransi yang berkembang di Indonesia adalah asuransi konvensional dan asuransi yang berdasarkan Syariah.

Berdasarkan keterangan diatas maka dalam makalah ini akan membahas asuransi dalam perspektif konvensional dan asuransi dalam perspektif syariah. Pilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhanmu.

Pastikan premi atau kontribusi yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan. Jangan ragu untuk membandingkan produk asuransi dari asuransi syariah maupun asuransi konvensional.

Meski produk keuangannya sama ada beberapa manfaat yang mungkin tidak bakal kamu dapatkan di produk asuransi lainnya. Jenis asuransi syariah ada berbagai macam mengikuti jenis asuransi konvensional.

Ada asuransi jiwa syariah asuransi kendaraan syariah hingga asuransi tempat tinggal syariah. Jika tertarik memilih asuransi syariah pastikan layanan yang diberikan cocok dengan kebutuhan.

Selain itu pihak asuransi harus memiliki dewan syariah sendiri dan resmi. Berbagai produk syariah tak terkecuali asuransi syariah kini semakin banyak ditawarkan.

Tak mengherankan memang mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Secara umum kita sebagai nasabah ditawarkan dua jenis produk asuransi asuransi syariah dan konvensional.

Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah kedua- duanya bertugas untuk mengelola dan menanggulangi risiko hanya saja di dalam Asuransi Syariah konsep pengelolaannya dilakukan dengan menggunakan pola saling menanggung risiko antara pengelola dan peserta risk sharing atau disebut dengan at takaful dan at tadhamun. Asuransi konvensional adalah asuransi yang berdasarkan akad jual beli atau asuransi ini merupakan asuransi yang berdasarkan pada investasi dana yang bebas dengan menggunakan aturan prinsip tertentu.

Asuransi ini mengemban sebuah misi dari perusahaan yakni di bidang ekonomi dan sosial.

www.slideshare.net