Makalah Penelitian Tentang Fermentasi Pada Tape Singkong

Makalah Penelitian Tentang Fermentasi Pada Tape Singkong

Karya tulis ilmiah tentang fermentasi tape. Hasil karya tulis ilmiah ini diharapkan dapat berguna bagi sekolah khususnya dalam proses belajar mengajar serta berguna bagi masyarakat umum. Karya tulis ini juga dapat mengembangkan proses fermentasi makanan khususnya yang terjadi pada tape singkong dengan baik dan benar.

Kegunaan Karya Tulis Ilmiah Hasil karya tulis ilmiah ini diharapkan dapat berguna bagi sekjolah khususnya dalam proses belajar mengajar serta berguna bagi masyarakat umum. Karya tulis ini juga dapat mengembangkan proses fermentasi makanan khususnya yang terjadi pada tape singkong dengan baik dan benar.

Kegunaan Karya Tulis IlmiahHasil karya tulis ilmiah ini diharapkan dapat berguna bagi sekjolah khususnya dalam proses belajar mengajar serta berguna bagi masyarakat umum. Karya tulis ini juga dapat mengembangkan proses fermentasi makanan khususnya yang terjadi pada tape singkong dengan baik dan benar16.

View MAKALAH KARYA ILMIAHdocx from PENDIDIKAN 111 at SMAN 1 Malang. Makalah Karya Tulis Ilmiah Tentang Pengaruh Adanya Proses Fermentasi Pada Pembuatan Tape Oleh.

Aisyah Setia Anggini IX-B02 Rindu. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian karya ilmiah ini adalah pertama mengetahui cara pembuatan tape yang baik dan benar mulai dari awal proses hingga akhir.

Kedua mengetahui cara singkong dapat menjadi tape yakni melalui proses fermentasi oleh ragi tape yang mengandung mikroorganisme Chlamydomucor Saccharomyces cerevisiae dll. Hasil karya tulis ilmiah ini diharapkan dapat berguna bagi sekjolah khususnya dalam proses belajar mengajar serta berguna bagi masyarakat umum.

Karya tulis ini juga dapat mengembangkan proses fermentasi makanan khususnya yang terjadi pada tape singkong dengan baik dan benar. KARYA TULIS ILMIAH AHMAD SAMURI 141310038.

Dapat diolah menjadi tape melalui proses fermentasi. Proses fermentasi pada singkong.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi ilmiah tentang kadar alkohol pada tape singkong Manihot utilissima dengan. Karya ilmiah ini mengambil tema yaitu tentang bioteknologi tapai.

Pemanfaatan bioteknologi ini menggunakan jamur yang terkandung pada ragi tapai. Adapun bahan yang digunakan adalah singkong.

Dalam karya ilmiah ini penulis membahas cara pembuatan tapai singkong. Fermentasi yang dilakukan adalah fermentasi tapai singkong dengan menggunakan ragi.

Hasil karya tulis ini diharapkan dapat berguna bagi sekolah khususnya dalam proses belajar mengajar serta berguna bagi masyarakat umum. Karya tulis ini juga dapat mengembangkan proses fermentasi makanan khususnya yang terjadi pada tape ketan dan tuakdengan baik dan benar.

Dapat menghasilkan alkohol yang baik jika diproses lebih lanjut 2. KUMPULAN MAKALAH DAN KARYA ILMIAH Jumat 29 April 2016.

Setelah melakukan penelitian selama 2 hari tentang pembuatan tape ketan kami dapat membahas bagaimana tape ketan dibuat memaparkan faktor-faktor yang terlibat dalam pembuatan ataupun dalam proses fermentasi tape. Tape bisa dibuat dari singkong ubi kayu dan hasilnya dinamakan tape singkong.

Bila dibuat dari ketan hitam maupun ketan putih hasilnya dinamakan tape pulut atau tape ketan. Pembuatan tape memerlukan kecermatan dan kebersihan yang tinggi agar singkong atau ketan dapat menjadi lunak karena proses fermentasi yang baik.

Karya tulis ini dapat mengembangkan proses fermentasi makanan khususnya yang terjadi pada tape ketan putih dengan baik dan benar. Dapat menhasilkan alkohol yang baik jika diproses lebih lanjut melestarikan budaya kalangan umum dapat dijadikan sebagai ilmu untuk menambah wawasan.

Hasil karya tulis ilmiah ini diharapkan dapat berguna bagi sekolah khususnya dalam proses belajar mengajar serta berguna bagi masyarakat umum. Karya tulis ini juga dapat mengembangkan proses fermentasi makanan khususnya yang terjadi pada tape singkong dengan baik dan benar.

Artikel Ilmiah PENGARUH PENGGUNAAN DOSIS DAN JENIS RAGI TERHADAPKUALITAS FERMENTASI TAPE KETAN HITAM Oryza sativa var. Setail OLEH SRI HARI YATI A1C412023 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI 2017.

Sri Hariyati A1C412023 Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi 2. Dalam proses fermentasi tape memerlukan media dan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah persentase ragi yang digunakan.

Jika kita amati para pembuat tape antara yang satu dengan yang lain akan menghasilkan hasil tape yang berbeda. Adapun rumusan masalah dalam karya tulis ilmiah ini antara lain yaitu.

Tape merupakan makanan fermentasi tradisional yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Pembuatan tape ini melibatkan banyak mikroorganisme.

Mikroorganisme yang terdapat di dalam ragi tape adalah kapang amylomyces rouxilmucor sp dan rhizopus sp khamir saccharomyces cerevisiae dan candida utiris. Serta bakteri pediococcus sp.

Kedua kelompok mikroorganisme tersebut bekerja. Hasil karya tulis ilmiah ini diharapkan dapat berguna bagi sekjolah khususnya dalam proses belajar mengajar serta berguna bagi masyarakat umum.

Karya tulis ini juga dapat mengembangkan proses fermentasi makanan khususnya yang terjadi pada tape singkong dengan baik dan benar. Sistematika Penulisan Karya tulis ini tersusun dalam 4 bab Bab.

Karya ilmiah kimia SMA. Ragi umumnya digunakan dalam industri makanan untukmembuat makanan dan minuman hasil fermentasi seperti acar tempe tape rotiMikroorganisme yang digunakan di dalam ragi umumnya terdiri atas berbagai bakteridan fungi khamir dan kapang yaitu Rhizopus Aspergillus Mucor Amylomyces Endomycopsis Saccharomyces.

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup yang sangat kecil yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Makhluk yang sangat kecil tersebut disebut mikroba dan ilmu yang mempelajari tentang mikroba yang sering ditemukan pada pangan disebut mikrobiologi panganYang dimaksud dengan pangan di sini mencakup semua pangan baik bahan baku pangan maupun pangan.

www.slideshare.net